CARA MEMBUAT BAB V SKRIPSI

Minggu, 20 November 2016 | komentar

Bab V dalam sebuah Skripsi atau karya lain yang semisal, sepert Tesis dan Disertasi, adalah merupakan akhir dari sebuah Skripsi. Meskipun dalam kasus lain ada juga Skripsi yang ditulis hanya sampai pada Bab IV saja. 

Bab V dalam sebuah Skripsi adalah Bab penutup dalam sebuah Skripsi yang membahas mengenai (1) Kesimpulan dan (2) Saran.

Dalam membuat kesimpulan kita harus mengacu kepada pertanyaan penelitian dalam bab I Skripsi. Sebab Kesimpulan merupakan jawaban dari sebuah pertanyaan penelitian yang ada pada Bab I Skripsi. 
 
Contoh.  Jika Pertanyaan Penelitian dalam Bab I mempertanyakan tentang:


 

Maka Kesimpulan yang ditampilkan dalam Bab V adalah tentang ketiga hal di atas yakni;

  • Tentang pemberian  motivasi ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) yang dilakukan oleh guru Matematika di MI Salafiyah  Cirebon.
  • Tentang hasil belajar siswa MI Salafiyah  Cirebon terhadap mata pelajaran Matematika.
  • Tentang pengaruh pemberian motivasi ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) terhadap hasil belajar siswa MI Salafiyah  Cirebon terhadap mata pelajaran Matematika.
Selain daripada itu, penulisan kesimpulan sebagaimana ketiga poin di atas tersebut, ditulis berdasarkan hasil penelitian yang sebelumnya ditulis dalam bab IV. Dalam kata lain kesimpulan Bab V merupakan resume dari hasil Penelitian dalam Bab IV.

Adapun penulisn mengenai (2) Saran, didasarkan pada tanggapan penulis mengenai hasil penelitian yang ada. Dalam kasus di atas bolehlah kita menuliskan saran sebagai berikut:

  • Hendaknya bagi guru matematika, sekali-kali dan dalam materi tertentu menggunakan model motivasi ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) dalam pembelajaran, karena terbukti pemberian ARCS dapat berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa.
  • Hendaknya bagi para siswa agar supaya terus belajar matematika dengan sungguh-sungguh mengingat pentingya matematika bagi kehidupan sehari-hari.
  • Hendaknya bagi pembaca umumnya agar supaya tidak segan-segan untuk menggunakan model motivasi ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) dalam pembelajaran matematika, karena terbukti pemberian ARCS dapat berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa.
Demikan lah paparan menganai tata cara pembuatan Bab V dalam sebuah Skripsi. Semoga pembaca dalam hal ini Mahasiswa/i yang berkepntingan dapat memahaminya
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ngaji-Skripsi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger